Met sore para netter,,
Kali ini saya akan posting permasalahan yg sering terjadi pada motor yamaha MioJ dan Soul GT,.
Ini cuma tips saja bagi yg punya masalah sama mio j/soul GT, terkadang ada pemilik motor yg melepas kabel speedometer,
itu bisa berakibat ECU tidak dapat membaca sensor dari speed sensor, akibat yg di timbulkanny adalah lampu peringatan trouble (kuning) yang ada di dashboard akan berkedip terus,,
Apabila di cek pake FI diagnostic tool maka akan menunjukan kode 42.
Emang secara teori dengan melepas kabel speedometer tidak beerdampak pada kinerja sepeda motor.
Akan tetapi dengan berkedipnya lampu engine trouble, mungkin bagi sebagian pengguna sepeda motor akan merasa terganggu.
561 comments:
1 – 200 of 561 Newer› Newest»Thank infonya 5 menit yg lalu ane sempet kebingungan karena lampu indikator nya terus..kedipnya 4x lambat 2x cepat...ternyata benar kabel spidometer putus...thank gan atas infonya...lumayan stress sebelum ketemu nih blog...
saya juga mengalami hal yang sama, setelah browsing akhirnya ketemu juga. trims gan infonya sangat berguan sekali...
Ok sama2 gann..
Oke sama2...
MOHON BANTUAN MAS,,,MOTOR ANE MIO J,,,TRUS LAMPU INDIKATORNYA KEDIP 3XLAMBAT DAN 7X CEPAT,,,ITU APA KERUSAKANNYA YA.....?
Keterangannya cukup panjang mas,, via email aja, kirim alamat emailnya,.
Lampu kuning mio j ane juga nyala terus baru pagi ini, mo bw jauh takut knp2 bingung cari solusi dpt dsini mksh. Tlong info lengkap solusinya gmn. Mksh
Jumlah kedipannya berapa gan,,? Ngedip lambat berapa kali? Ngedip cepan brapa kali?
Mas, lampu injeksi mio j sya berkedip lambat 3-4 kali, trus pas udh dinyalakan malahan lampu injeksi gk mau mati ... Masalahny apa ya mas???
Dibawa jalan msh enak aj gk ad problem
Bisa lebih spesifik di sebutin kedipannya,?perhatikan antara kedipan lambat sama kedipan cepat ada jeda 1,5 detik.
Om mio j ane kmrn tak bawa hujan hujana deras teeus pagi pagi indikatornya kedip 1 kali lama 2 kali cepat dan di stater mau tapi tak hidup disela juga ga mau hidup ... Teeus dah aku charge aki nya tetep ga mau nyala dan tetap ga mau hidup itu kenapa ya sekring ga putus yg dekat aki ada yg tau kah?
Ada yg korslet di bagian pulser/spul. Biasanya soketnya basah gan,. Buka cover bodi bagian kanan bawah jok., ada soket dari jalur spul yg ke kabel bodi,, coba di keringin soket2nya.,
bro knp ini mio soul gt saya kok tiba2 lmpu kuningnya menyala 4 kli lambat 2 kli cepat setelh motornya bunyi lmpunya g mau mati..
itu terjadi setelah sya cuci.mohon bantuanya bro..
bro knp ini mio soul gt saya kok tiba2 lmpu kuningnya menyala 4 kli lambat 2 kli cepat setelh motornya bunyi lmpunya g mau mati..
itu terjadi setelah sya cuci.mohon bantuanya bro..
Kode 42, cek kabel spidometer masbro,. Atau gearbox KM nya.,
Apakah jarum speedometer normal atau mati klw d bawa jalan?
mas motor mio j saya kok lampu indikator injeksinya nyala lambat 2 kali trus nyala cepetnya saya lupa, tapi pas mesin di nyalakan motornya kok nyedat" kayak kompresi padet atau kelistrikanya kayak gag lancar trus klw di buat jalan ya gag nyedat" tapi pas berhenti nyedat lagi dan indikatornya nyala terus pasmesin nyala
mohon bantuannya gan
via email : givirivaldi@rocketmail.com atau sms 081335119914
mohon bantuannya mas
mas motor mio j saya kok lampu indikator injeksinya nyala lambat 2 kali trus nyala cepetnya saya lupa, tapi pas mesin di nyalakan motornya kok nyedat" kayak kompresi padet atau kelistrikanya kayak gag lancar trus klw di buat jalan ya gag nyedat" tapi pas berhenti nyedat lagi dan indikatornya nyala terus pasmesin nyala
mohon bantuannya gan
via email : givirivaldi@rocketmail.com atau sms 081335119914
mohon bantuannya mas
30 panjang 30 pendek
MIo GT
Tidak ada kode tersebut,, ada juga kode 37 dan 39., ex: kode 37 = 3x lambat + 7x cepat.
2kedipan sejajar,sebanyak 30kali.itu maksud ane gan.motor ane mio gt
1 lg,kyak gk ad tenaga di ACUnya gan,klok dinyalain pkek starter tangan,pasti langsung redup lampu indikatornya,klok udh redup gtu pasti lama ru bisa nyala lagi motornya.
mohon bantuannya gan,n terimakasih banyak atas waktunya.
Tanda acu sudah lemah itu gan,, harus diganti sebelum ngedrop bener,. Klw acu dah ngedrop, mio gt nya ga bisa idup alias mogok, ��
ane kaya agan di atas gan masalah mio gt nya , itu kalo di kick statet alias pake engkol nyala gan tp sebentar ga sampe 5 detik ngadat dan langsung mati, kedipnya sejajar 30 detik, jd kedipnya tuh klip klip, jeda, klip klip jeda sampe 30x aru mati, spedometer oke jalan gan. mohon analisanya thanks gan.
tp kalo pake stater tangan kaya engga ada daya, padal klakson sen oke, cuma kalo pake stater tangan lampunya pd redup semua kaya soak beberapa detik lg sen ama klakson normal gan, hadeh ini mio injeksi jd malu maluin bgt, motor kirana ane aja ga penah ada masalah udh puluhan tahun.
Voltase battery turun/kurang strom/lemah,. Sistim injeksi baru bisa di analisa kalau keadaan aki normal,. Sebaiknya ganti aki dulu gan, atau pinjem aki motor lainnya,. Kondisi ngedip seperti demikian bisa disebabkan karna lemahnya strom aki. Pengalaman sy selama ni rata2 penggunaan aki pd motor ni memang kurang awet,bnyk kasus motor blom 1th aki dah soak,dsb. Tetapi setelah penggantian aki yg bbagus/ori, rata2 jadi awet.,
oh gtu ya gan? perlu di reset atau di bawa bengkel resmi gak gan buat servis sekalian kalo misalnya ganti aki udh beres? baru tau kalo aki tuh buat motor injeksi penting bgt. kalo boleh tau saran dr agan buat aki yg bagus dan awet atau ori aki apaan gan mereknya? ga terlalu paham soal aki yg bagus nih gan, mohon di pandu ke jalan yg benar gan. makasih banyak nih gan atas waktunya.
Menurut hemat ane gan,, udah ketauan kan aki nya lemah,. Beli aki sendiri aj, pasang sndri gampang kok,. Aki yang bagus pake merk GS astra,. Semoga membantu,
oke terimakasih nih gan, sangat membantu bgt, untung nemu blog ini. terimakasih banyak gan, semoga sukses selalu, amin
oke terimakasih nih gan, sangat membantu bgt, untung nemu blog ini. terimakasih banyak gan, semoga sukses selalu, amin
thanks gan good info
Sy jg sm..mio j sy lampu indikatornya kedip 2x trus mati 1 dtk kedip 2x lg..trus menerus sperti itu..mhon solusinya..tksh
kode 22 ; bagian intake temperature sensor tidak normal,. kemungkinan soketnya terhubung pendek/ korslet/kena air, atau kabel soketnya ada yg ga nyambung., Letak sensor ini terletak di bagian throtle body. coba soket2 sensornya di buka gan, barangkali kendor/ kena air.,
Kedipan panjang 1x. Kedipan pendek sejajar 30x itu apa yah gan maksutnya trus baru nyala lampu spedo. Normal tapi kalo di dobel stater redup
Aki nya sudah lemah itu gan,,,
Boleh mnta pin bbm
Suwon gan udah sembuh motorq teryata akix mau ganti suwon sanget
Bang lampu kuning di speedometer saya kalo motor jalan atau dinyalain dia ikut nyala ga mau mati, dulu biasanya kontak di on dia cuma nyala sebentar trus mati ga nyala terus-terusan pas motor on kaya gini, kenapa ya,
Saya gtw lampu apa itu pokoknya lampu kuning sebelah lampu sein di speedometer.
Tolong ya bang, terimakasih.
nggeh sami2 mas,
sebelumnya, Apakah ada kelainan yg di rasakan di motornya? apakah lampu kuning tu kondisinya ada kedipan berulang-ulang sewaktu mesin off dan keadaan kontak on? apakah kondisi aki normal?
mas, mau tanya nih saya tentang speda kesayangan saya mio sul GT..,awalnya pagi tadi saya mau memanasi sepda,,,ketika saya double strater semua lampu spedo mati dan klakson pun tak berbunyi,,,dan gak lama normal kembali dan lampu indikator kuning kedip 2x secara terus menerus,,tetapi ketika saya ulangi eh malah mati lagi,,,mohon bantuannya gan....
aki sudah lemah itu mas,
Setelah saya amati, kedipan lambat 4 kali, kedipan cepat 2 kali, knp tuh bang?
Makasih
Kedipan lambat 4 kali kedipan cepat 2 kali saat kontak off, tapi saat kontak on lampu terus nyala ga mati atau berkedip, di balas ya bang,
Terimakasih
waduch,,ternyata betul mas..,,aki sudah soax..,,padahal baru ganti bulan 8 kemarin..sekarang sudah normal lagi mas setelah ganti baru..terima kasih mas.
kabel spidometer putus, gearbok kilometer aus.,
sama2,
Oohh gitu bang, iyaa bang makasih banyak ya bang infonyaa
Sangat membantu
Mas saya mau tanya motor saya soul gt pas saya on kan motor saya lihat lampu indikator nya kedip kedip terus saya lupa ngitung berapa kali kedipnya setelah itu saya tunggu tiba tib mati lampu indikatornya terua saya nyalakan motor saya lampu indikatornya nyala terus, tapi emang kabel spedometer saya sudah hampir 2minggu putus belum saya ganti sampe sekarang apa itu harus ganti kabelnya baru bisa normal lagi
sudah di jelaskan sebelumnya di artikel ini bahwa jika spidometer mati, lampu peringatan pasti berkedip.setelah di perbaiki bagian spido nya(kabel/gearbox), lampu peringatan pasti normal kembali dengan catatan tidak ada lg kerusakan sensor lainnya. jika masih berkedip, bisa dipastikan ada penyakit lainnya,. mohon amati berapa jumlah kedipannya supaya memudahkan untuk menganalisanya,. semoga membantu.,
Saya juga sama 3x. Panjang 7x pendek, bisa dibantu min apa masalahnya?
apakah putaran mesin tinggi saat langsam/idle? klw iya gt, berarti itu sensor ISC macet dlm kondisi terbuka. sebaiknya bawa ke bengkl resminya, untuk kode 37, penanganannya cukup rumit.,
Om soul gt aneh pas mau kerja di nyalain rotak a jlan tpi lampu indikator nyalah trus om pas di stater nyalah terus mohon bantuan a om sama pengunjung blog ini
Berkedip kedip sblum di stater pas di stater nyala trus
berapa jumlah kedipan sblm di start? kedip lambat berapa? kedip cepat berapa?
Lambat 4
Cepat 7
Om tapi diliat spedometer gk jalan
Brusan plng kerja di pkai hidup indikator a pas kena polisi tidur Mati lgi pass jlan beberapa menit hidup lgi
speedometr idupin dulu,gak ada kode kedipan 47,, ada jg 37,42,44,46.
lampu indikator kuning nyala terus tu tandanya ada kedipan yg belum di perbaiki., cermati pembacaan jumlah kedipannya.
Mio j saya,4 kali lambat,6 kali lambat,itu kenapa ya bro,kendala d mananya?
kode 46 : 4x lambat, 6x cepat., = sistem charging/pengisian tidak normal. masalahnya di Regulator/kiprok, battery tidak terisi penuh.,
Makasih mas,bro.
Ni mau tanya lagi soalnya sya ada problem. Sepeda yang satunya lagi,kalau yang lambat 3, yang cepat 7,itu kendalannya apa bro?
kode 37 : apabila di tandai dg gejala: putaran langsam/idle terlalu tinggi, masalah ada di ISC valve/ katup ISC dalam kondisi terbuka, ISC macet., letak ISC di throtle body.
Saya mau tanya gan. Mio soul gt saya kalo lagi jalan lampu apa tuh yang warna kuning saya gak tau nyala terus. Biasanya kan nyalanya waktu baru kita on terus satu detik mati. Ini pas jalan malah nyala. Itu kira kira apanya ya?
kontak di on tp jangan d starter dlu,liat berapa x ngedip tu lampu kuningnya? ada kedip lambat, dan kedip cepat.,
Bang kabel spido vega r new bisa gak dipasang ke mio j makasih
tipe kawatnya sama gan, begitupun ulirnya,. hanya beda dikit panjang pendeknya., bisa di pasang.
Ok makasih bang
Bang kode 46 tu solusi nya ganti aki apa kiproknya..soalnya aki baru ganti 5 bln masa tekor.mio gt
kiproknya gan,, pastikan memakai aki berkualitas/ standard pabrikan. setelah penggantian kiprok sebaiknya aki di cas apabila tegangan drop bngt.
Master..
Ane perlu penjelasan lbh detail lagi mengenai kode 37 pd MIL..
dr sekian byk comment diatas, kode 37 punya tingkat kerumitan dlm tahap penanganannya..
Ada solusi jitu yg kiranya bs menghilangkan 37 ntu..
Masalah pd Mio Jono ane pertama kode 46 (aki dh berumur 27rb KM) hihii.. *wajar klo nongol 46 lah..
Masalah kedua 46 dh ga pernah muncul, & skrg yg muncul kode 37 (ISC/Valve macet)
Minta solusinya Master.. mungkin ane ba memperbaiki.. hehee..
Thanks Master sudah memberikan thread kedipan MIL YMJET_FI di blog ini.. ^_^
Bg mw tanya bg.motor kesayangan saya mio j bg.lampu injeksi nya hidu kadang mati bg,klw lampu injeksi nya hidup bg.jalan nya gag ngadat bg,apa masalah nya bg.padahal udah di bawa bengkel yamaha lho bg...mohon bantuanya bg...
Pengalaman ane sih itu pertanda aki mau tekor kadang nyala pas macet, trs mati..
gpp lah.. MIL nyala ky gtu cuma ganggu mata pengendaranya aja kok.. hehe..
Coba aki distroom/charge
Alhamdulillah..
sii Mio Jono berhasil kembali normal dgn biaya minim..
Mio Jono dioprek sm mekanik BengRes Yamaha dket rmh, kode 37 (ternyata ada kerak/carbon yg menempel didalamnya)
ISC/valve (ruangan pengabutan bensin) pantes geseng tuh kerak..
*skrg dh bersih cling stlah throttle.injector dibersihkan+disemprot cairan carbon cleaner sm mekanik. Haha..
Biaya service throttle.injector+setting CO = 52rb+kasih uang tip mekanik 10rb.. huhuu...
Kode 46 itu sii aki yg mulai lemah..
Mau beli Yuasa/GS lumayan hrganya 215-230rb.. #ga beli dl dah..
Smua masih berfungsi normal dr stater/sen/klackson/lampu dls.
Ganti aki ntar aja nunggu kira2 salah satu dh sulit berfungsi sebagaimana mestinya.
Ada lagi nih MioJonoLovers..
Ruang pembakaran (klep) bersih tanpa kerak hitam krna bensin Mio Jono ane pake non timbal alias PERTAMAX 92 slama 28rb KM dr pertama beli sampe skrg.
Udeh jls kan gunanya pake BBM non subsidi ^_^
Klo keberatan beli Non Subsidi, trima aja klo perform mtr agan krg baik..
Pdhal ngerokok+jajan tetep ngebul+nyummy yeh... hehe..
TIPS dari ane nih MioJono_Lovers..
Sebelum motor digunakan,pastikan motor dipanasin dulu..
Kick Stater (kontak posisi OFF) selah sebanyak 10-15 × (motor 8 jam tdk dipakai)
Lanjutkan setelahnya Kontak posisi ON selah kick stater dgn power kompresi (tunggu mesin menyala selama 1-2 menit)
Handle Gas ditarik/Accelarate perlahan/bertahap dr RPM rendah (*ga perlu digeber yak!! Oli baru naik
. Hehe..
#bayangkan seandainya anda.baru bangun tidur lgsg disuruh lari.. (bayangin sendiri lah gimana rasanya) sama halnya motor jg butuh tahapan gentakan nafas.
Perawatan Berkala:
3-5rb KM=Gunakan Cairan Yamaluebe Carbon Cleaner 1 botol+4 ltr bensin (23-28rb)
2-3rb KM=Ganti Oli Mesin sesuai selera
3-5rb KM=Ganti Oli Gardan sesuai selera
18-20rb KM=Ganti V-Belt+Ruller (160rb)
10rb KM=Service Throttle Injector (yg pake bensin PREMIUM) (52rb)
20rb KM=Service Throttle Injector (yg pake bensin PERTAMAX) (52rb)
15-20rb KM=Ganti Ban Luar+Dalam Dpn-Blkg (*tergantung kondisi jln×aspal) (270rb sepasang)
18-20rb KM=Ganti Kanvas Rem Depan+Belakang (*tergantung pemakaian rem juga sih)
-kanvas dpn ori YGP=65rb
-kanvas blkg ori YGP=55rb
*kanvas dpn ane pake merk Indopart cuma 20rb lumayan lah..
*selebihnya check pelumasan kabel gas/kabel rem/stooth rem/as roda dls.
Oke itu aja yg bs ane share..
Kunjungi :
http://elduace.blogspot.com/2014/04/cara-membuat-lampu-depan-utama-motor.html?m=1
http://elduace.blogspot.com/
Good Luck & Safety Riding guys.. ^_^
Aki nya baru baru ganti bg.apa solusi nya bg...
Klw udah hidup lampu injeksi nya itu bg...klakson bnyinya cempreng bg.dan jalan nya ngadat bg...mohon bntuanya bg....
Minta solusi nya bg...apa yang mw di tukar tu bg....
Udah 4 kali di bawa ke bengkel resmi bg.yang kluar 46 bg,mohon bantuanya bg....
klw kondisi aki baru, masih muncul kode 46, berarti sistem charging tidak normal,. komponen sistem charging ada dua :
1.Spul
2. regulator/Kiprok.
Ya bg.apa yang harus di cek lagi tu bg...
cek soket2 dari bagian spul>kiprok>fuse. pastikan tersambung dg baik. dari pengalamn yg sudah2, kasus 46 ni yg sering kena kiproknya gan,dg catatan kondisi aki baik. klw spul jarang rusak kecuali karna human erorr.
Makasiah atas bntuanya bg.ntar saya akan cba ganri kiprok nya bg..
Makasiah atas bntuanya bg.ntar saya akan cba ganri kiprok nya bg..
Kang. Knp ya tiba tiba motor gk mw jln. Lampu sen nyala. Gk bisa di stater. Lampu indukator 5x lambat 5 x cepat, klo di engkel nyala tpi lampu indikator hidup trus... Trus bberpa menit kemudian motor mati seperti kehabisan slangsam. Katanya sih krena lampu belakang error..emng sdh lama klo lmpu belakang mati.. Tpi bru hari ini motor tdk mw jln.. Mkasih
pastikan dulu aki nya baik kang, klw aki dah lemah/ga bisa starter tu motor bakal ngadat2,kondisi aki dibawah 8volt motor dah ngadat.klw dibiarin makin lama makin drop tu akinya, pasti mogok2 kang.
sekedar info: tidak ada kode 55, ada jg kode 50(5xlambat).kode 46(4xlambat,6xcepat).
Bg motor mio j saya udah di tukar kiproknya bg.tpi kyak gtu jga bg ...
Bg motor sya udah di tukar kiprok nya bg.tpi lampunya kayak gtu jga bg
Bg motor mio j saya udah di tukar kiproknya bg.tpi kyak gtu jga bg ...
muncul kode berapa?
akinya udah di cas?
Bang lampu kuning nya kode 46
Pdhal baru 2 bln yg lalu ganti aki dan spul, sekarang udah motor nya nggak mau nyala,bengkel yamaha jg udah nggak tw lagi apa penyebabnya. Mohon bantuannya bang
Klo kode 46 itu knp?
ga nyala mesin karna aki drop ? sudah coba di cas akinya trus mesin bisa nyala normal ga? klw iya tu berati kiproknya gan., aki ga ngisi karna sistem pengisian dr kiprok ga normal,
kode 46 ; sistem pengisian aki tidak normal,/ voltase aki tidak full.
Iya bg,, pas aki nya udah d cas nggak nyala lampu kuning.ny tp cma than 1-2 hari aja.
F
Bang mohon bantuannya Mio gt ane nih kmren pagi ane buru buru jdi y ga ane Panasin dlu trus ane pake trakir jm 2 siang mau ane pake lagi jm 10 malem trus pas ane mau pake lampu kuning berkedip tapi ane ga gitung brpa kali ya berkedip trus pas ane starter lagi ga hidup hidup bang sampe pagi ini trus lampu kuning ya mati ga nyala atau berkedip ?
Oy bang ane belum ganti oli juga udah 2800 klo apa itu garuh bang karna sempet dlu kya gitu tapi ktaya dlu kelistrikan ya mohon bantuanya
bang mau tanya..lampu indikator saya nyala 2x atau 3x agak cepet soalnya saya nggak merhatiin dari awal sama 1x lambat,,itu tandanya kerusakan apa yak,,?mohon bantuannya
akinya masih bagus ga? cos aki drop/lemah motor ngadat2 sampai mogok.
mohon lebih spesifik menentukan kedipannya., hitungannya dari ngedip lambat dulu berapa kali, kemudian ngedip cepat brapa kali.,
oli sebaiknya ganti, tp tidak berpengaruh sama sistem injeksi., andai sampai oli habis,efeknya ya mesin macet/jebol gak bisa di engkol.
gan..mio j ane lampu kuning nyala mulu tp ga kedip..motor mash bs jalan... pengaruhnya apa ya nntinya dan penyebabnya apa juga ko bs nyala gt..mohon bantuannya gan...thx
lampu kuning nyala terus karna ada kedipan yg belum terobati :D.
untuk cek kedipannya: nyalakan kontak posisi ON, jangan di start dulu ya gan, biarkan selama 10 detik. dan lihat indikator lampu kuning,.apakah ada kedipan atw tdk., catat berapa kali kedip lambat n brapa x kedip cepat,.
ngedip lambatnya 1x ama ngedip agak cepet 2x bang
kode 12 ; cranksensor atau pulser dalam istilah umumnya., ada di bagian spul. cek soket2nya gan dr kemungkinan kendor/ korslet karna kena air
Kang Admin nyita waktu bentar ya, motor Mio J ane udah ulang tahun ke 3 bulan ini, Kilometernya 13.002 tapi belum sempat ane service sekalipun.
waktu itu Service gratisnya udah hangus gra2 smpat ditinggal kerja 2 taon. Ane baru ganti OLI mesin 3 kali, OLI gardan keknya baru sekali hahaaha dan Alhamdulillaah mulus pake Banget nih motor kecuali di AKInya aja.
Udah seminggu lebih rupanya motor ini minta AKI baru, soal ciri2 kedipan indikatornya udah ada yg tanyain sblum ane dikomentar diatas, udah FIX AKInya. Padahal tahun lalu ane udah sempat ganti AKI cmn pake Merk Indobatt*ry, kedip2 jga sih indikatornya waktu itu cmn ane lgsung ganti AKI aja soalnya ga bisa stater tangan dan ga tau apa2 soal indikatornya hehe.
Kang Admin, kira2 kerusakan AKInya itu murni krna emang umurnya yg udah segitu atau ada pengaruh DARI Mesin KE AKI gara2 belum pernah ane service? kira2 yg berpotensi rusak klo ga diservice apanya aja? satu lagi Kang Admin yg dermawan, klo Service penuh di Service Resmi Yamaha kira2 bajetnya smpe sejuta yah? hehe
Makasih Banyak Kang
tidak ada pengaruh dr mesin atw blm prnah d servis ke aki, sebaiknya gunakan aki standar pabrikan.
motor injeksi sebenarnya ringan perawatannya., ga perlu servis rutin. yang penting perhatikan hal2 ini;
bensin pakai pertamax,
filter udara ganti setiap 15rb km,
busi ganti tiap 6000km,
oli mesin tiap max 2000km,
gardan max 6000km.,
Mengenai servis di bngkl resmi ga mahal kok ongkos jasanya.,
kecuali memang ada kerusakan sparepart yg harus diganti,itupun harganya sudah ada katalognya.,bisa di cek harga sparepartnya di web nya langsung.
Tjakeeep banget infonya Kang Mimin, padat akurat ruar biasa hehe thanks yah, sangat bermanfaat. terimakasih udah beramal dimari. hehehe
mantaf gan,,thanks bantuannya bermanfaat banget,,
Bg apakah kode 46 juga ada pengaruh dari kelistrikan/ kabel body??
kemungkinannya kecil dr kabel body, paling jg dr kabel/soket spul ke kiprok..
Misi gan .. bbrapa minggu ini lampu indikator soul gt ane kdip 4x lambat 2x cpet gitu posisi on pas motor nyala lampu indikator nyala terus.. posisi jarum km mati .. ngaruh kinerja motor gk ya trus ke depanya bakal bikin mogok atau kendala lain gk kira' gan.. thanks yo..
sebenarnya ga pengaruh ama kinerja mesin klw cuma spido ga jalan., hanya lampu troble nya nyala terus aj.,
Siapppp gan... makasih infonya
Gan mio ane kode 46
Tp ane genti aki masih aja gak idup kiprok nya masih bagus
Apanya lagi ya gan?
yg ga idup mesinnya?
kode 46 berhubungan dg sistem pengisian yg meliputi komponen spul dan kiprok.,
harusnya setelah ganti aki baru,mesin bisa idup klw emg kerusakannya hny kode 46.,tp ga brtahan lama,hanya bberapa hari pasti muncul lg 46 dan mesin bs mati,karna sistem pengisian ga normal,.
yakin kiproknya mash bagus? krn untuk cek kiprok motor injeksi berbeda dg motor biasa.
andai memang kiprok msh bagus, cek spulnya gan,,
om mau tanya,motor saya mio gt.. seinget saya motor abis saya cuci..trus besoknya motor mati gak mau di stater gak mau di engkol.. lampu indikator injeksinya nyala kedip sekali,trus di ikuti dengan kedipan cepat sekitar 20 an kali kedip trus mati.. kira kira apanya ya om..
cek dlu kondisi aki,. klw kedip cepat dlm jumlah bnyk, itu akinya dh soak/drop., klw kondsi aki bagus,cek bagian soket2 pulser/spul dr kemungkinan korslet.,
oke om,terima kasih atas sarannya.. segera akan saya cek,sukses selalu buat team bengkel motor..
akan saya laporkan kembali setelah perbaikan... :)
Salam hangat gan.. Ane mau tanya mio gt ane ketika di kontak on.. Lampu indikator menyala 4 kali agak panjang dan yg kedip ke 5 dan 6 pendek.. Kira2 apanya gan.. Dan setelah mesin di hidupkan dan motor di jalankan indikator menyala terus.. Mohon bantuan penjelasanya gan.. Terimakasih.. Salam sukses
jarum spidometer nyala ga gan? klw ga nyala berari tu kode 42., dikarenakan kabel spido putus atw gearbox km dh aus,.
Iya gan .. Spidonya beberapa hari ini ga naik.. Berarti itu hanya masalah spido mati aja gan ya.. Kemaren2 ane dah cemas aja...Bukan kedip karna ada kerusakan mesin ya?.. Ok gan makasih banyak infonya...Sangat membantu.. Salam sukses
iya kode 42 hanya bagian spido aj, ga pengaruh ke mesin,. sebaiknya diperbaiki biar kedipannya ilang :D
Kalo 5x lambat 1x cepat itu apanya yg bermasalah gan?
maaf, tidak ada kode 51,.
cek kembali kedipannya.
Motor saya Soul GT thn 2012.
Disini banyak saya baca ttg "Mengecas (charge) aki motor".
Pertanyaan saya: "Memangnya bisa, aki motor saya kalo soak, di-charge sampai penuh kembali?"..
Kemaren aki standar saya - bawaan pabrik, merk Yuasa - soak akibat ada koslet kabel, lalusayabeli aki baru (Yuasa Y5V, Rp205rb),.. KARENA banyak yg bilang aki semacam itu TIDAK BISA di-cas kl sudah soak.
Jadi, mana yg betul: aki Yuasa Y4V (atau Y5V) sebetulnya BISA ataukah TIDAK BISAdi-cas?
Mohon info dan terima kasih sebelumnya.
Gan Kok tiba tiba lampu peringatan nya nyala sendiri pas lagi jalan, terkadang gak nyala, ITU kenapa Yaa gan?
Gan Kok tiba tiba lampu peringatan nya nyala sendiri pas lagi jalan, terkadang gak nyala, ITU kenapa Yaa gan?
mohon bantuannya gan. mptor mio gt ane lampu indikator nya nyala terus pas motor jalan.. trus larinya juga ngeden gak bisa sampe kecepatan 60 km/jam
kalo lampu indikator menyala 1x lambat dan 4x cepat itu artinya apa gan?
klo lampu kuning nyala terus kenapa gan
bang tolong di share jawabannya atas masalah yang ini, untuk yamaha soul dengan kode kerusakan 37 (mufid.putra@gmail.com)
bisa minta nomer hp ya ta mas????? biar lbih gampang kalo sharing maslah motor
Gan lampu indi kator mio gt saya kedip kedip di stater gak bisa di engkol jga gak bisa gmana donk gan
Malam om mio j saya kalau lagi jalan tiba tiba indikator lampu kuning menyala terus tapi tidak mati motornya dan saya coba matikan mesin hanya beberapa detik saya hidupkan lagi bisa dan terjada nyala lagi... Kenapa tuh yah?
sama kayak motor ku mas
sama kayak motor ku mas
Mas mau tanya, ini motor mio gt saya kalo pagi kok gak bisa di starter ya trus lampu injeksinya kedip". Tp kalo udah dipakai jalan ya normal lagi. Knp ya
Lampu indikator nyala terus/tidak ngedip, itu tandanya ada kerusakan di salah satu sensor atw lebih yg belum di perbaiki dlm jangka waktu yg lama.awal kerusakan pasti ngedip dulu, tp kalau di biarin lama,kedipan itu hilang dan berganti dg nyala terus secara tiba2.untuk kasus seperti ni harus pake alat/ tool Fi, untuk mengetahui kode kerusakan apa yg tersimpan.rekomend bawa ke bengkl resmi
Tanda2 aki mulai lemah, sebaiknya ganti sebelum aki bener2 drop.cos bisa sampai mogok.
dlu pernah error d bagian ISC nya mas, lnsung aj q bawa servis d bengkel resmi yamaha
penyakit'e sih sempet sembuh sktar 2 mingguan, e skrang kambuh lagi, tpi skrang beda'e lampu MIL nya ndak kedip cuma nyala doang mas
mas,mau tanya seoul gt ku ada masalah dg jarum bensin. Tanki penuh tp jarum bensin tdk jalan kadang jalan tp naik turun tdk stabil kira kira apanya
Trims
pelampung tanki nya kemungkinan kotor atw dah aus. buka fuel pump yg ada d dlm tanki. karna letak plampungnya nempel di fuel pump.
atw sebaiknya bawa k bengkl yg ahli.
Kalu pas dihihidupin lampu kuning nyala terus tanpa berkedip itu gmana solusix gan . .mio j ane gak mau hidup
mas mw tanya , motor mio soul gt setelah di kontak on ada kedipan 4 x lambat 2 x cepat berulang ulang, setelah di stater lampu engin nyala terus, mohon info mas kendalanya di mana ya ?
thx .
Klw lampu mil nyala terus, ng'cek kerusakannya harus pake tool Fi. Pastikan kondisi aki masih baik. Bawa ke bengkl resmi atw bngkl2 umum yg punya alat Fi ymha.
Kedipan 42 kan sesuai ama artikel ini mas, penyebab nya speed sensor tidak bekerja. Cek kabel spidometer / gearbokilometer. Biasanya kabel kilomtr putus atw gearbox aus.
Bos mau tanya.... Indikator ecu normal.. Tappi gx da suara dari ics seperti biasanya jadi kagak bisa jalan.... Mohon pencerahannya bos ?
ics apa isc bos?
kaga bisa jalan maksudnya mogok?
kalau isc tidak normal/ rusak, motor tetap bisa nyala tp langsam ga stabil.
Mesin jadi gx hidup sama sekali bos !
Mas, saya mau nanya dong..
Motor Yamaha Soul GT saya mendadak tidak bisa di starter tapi bisa diklakson. Kalau saya coba starter pasti lampunya redup. Kedipan lampu ECUnya pas awal di ON kan 1x kedip dgn jangka waktu yang lama kemudian dilanjutkan dgn kedip cepat 1 detik 2x terus seperti itu. Kalau mau teken tombol buat belok kanan dan kiri itu bisa nyala tapi pas awal ditekan pasti lampu mati sebentar kemudian lampu kembali normal. Cuman kalau mau distarter tidak bisa. Kira-kira masalahnya di bagian mananya ya mas? Apa ada masalah di aki nya yg harus di ganti?
Thanks mas..
Aki nya sudah lemah, minta di ganti.
mas, xeon rc saya muncul indikator 5 kali panjang, 1 kali pendek.. artinya apa ya ? tapi motornya masih bisa jalan..
thanks mas
Makasih mas.. Sangat membantu👍
gan, mau nanya nih mio j ane muncul kode 46 januari kemaren ganti spull,, aki nya jga udah di ganti,, 1 bln yg lalu ganti kiprok masih hidup kode 46 gan. Kadang kode 2 kedip mati 2 kedip mati gtu terus smpai 30x gan. Udah sering kluar masuk bengkel resmi yamaha tp masih kya gtu gan. Mohon bantuan nya gan
kode 46 karna power suply ke sistem injeksi tidak normal,. komponen yg harus di cek:
1. kiprok/regulator, pastikan klw ganti pakai yg original.
2.spul, pastikan juga pakai yg ori.
3.kabel body,. cek soket2 pada kabel body pada jalur pengisian, mulai dari spul->kiprok->aki. pastikan semua kabelnya tersambung dgn baik.
apabila spul-kiprok-aki dah diganti (ori), dan masih tetap bgitu, kemungkinan masalahnya di kabel body nya.
mengenai kedip cepat sampai 30x,itu tandanya aki tidak terisi sempurna yg di karenakan efek dari kode 46.
Kiprok sma spull ganti di yamaha gan,, ap ad kemungkinan nggak ori?
pengalamn ane wktu d ymh, semua part dijamin ori gan.,
Td ane udah k yamaha lg gan d sruh ganti kabel body,, gmna bgusnya gan???
Kalau memang spul,kiprok,aki sudah dganti n msh tetep muncul kode 46, bisa dipastikan emg kabel bodynya. Klw bengkl rsmi ga bisa perbaiki kabel body ya pastinya harus d ganti. Tp bagi saya pribadi, ngcek atw servis kabel body bukan hal yg sulit.
Bengkel agan d daerah mna ya??
Ad pin bb di menu/ tab kontak di blog ini
Motor yamaha soul gt di mil tidak ada kedipan tp mil menyala terus dan di alat diagnosa tool ada kode 61(ISC)
Minta tolong saran nya dari semua temen temen....trimakasih
Motor yamaha soul gt di mil tidak ada kedipan tp mil menyala terus dan di alat diagnosa tool ada kode 61(ISC)
Minta tolong saran nya dari semua temen temen....trimakasih
Isc tidak bekerja,. Cek soketnya, cek input tegangan yg ke isc, apabila ada input tegangan, bisa dipastikan isc rusak.
punya saya pagi ini baru nyala sperti kode 42 itu mas, pdhl spido gak jalan dari kemarin lusa, emang gak mesti langsung kedip kedip ya pas spido putus? makasih..
Kalo kode 15 apanya ya gan yg rusak
Bagian TPS. Konektor atau soket TPS lepas, atau korslet. Cek bagian throtle body,cos sensor tps nempel d throtle body.
Gan motor ane mati gan mio J
Lampu inject kedip sebanyak 60x gan jangka waktu 1.5 detik gan kurang lebih.
Mohon petunjuk nya gan.
Terimakasih banyak.
Sms 089634638467
Di tunggu ni gan sama ane.
Thanks Gan atas info nya. Lumayan stress jam 2 mlm dlm perjalanan tiba2 indikatornya kedip2 seperti itu... :*
gan mio j ane kedip 4x lambat 2x cepat di stater lampunya ngedrop
motor nya mogok gak bisa hidup tolong gan info nya ane ada di jalanan nih, kejadian mendadak.
klw ngdrop itu akinya soak/lemah, ganti aki gan., klw kode 42 ga ada hubngnnya ama motor mogok/ngdrop aki. kode 42 hanya spidomtr aj ga fungsi.
Kalo pnya saya sama seperti yg di ats,,cmn ketika di bwk jarum spedometernya mati min,,mohon solusinya
saya masih belum paham dengan kode kedipan motor injeksi, mohon sekiranya untuk berbagi. tolong kirim ke agungzz.mtr@gmail.com. terima kasih
Mas..mau tnya..kan spedometer sya lepas..soal ya gnti velg pkeg tromol variasi..klau di nyalakan berkdip..klau buat jlan nyala trus..ap bner2 tdak brpngaruh pda mesin..mhon info ya..mksih
Lampu indikator motor mio soul gt saya jg nyala terus mas terus di statar jg gk bisa, apa y mas kerusakannya?
tidak pngarh klw hny spido ga jln
aki dah lemah mas, sbaiknya ganti baru sebelum benar2 mati akinya. aki mati motor ga bisa idup.
.
.mas knp ya kmrn mtr mio gt sy las bodi pakai las lstrk akibatnya kabel terbakar total dan sistim elektriknya mati total dan stlh ganti kable kompl motot di stater ztater hidup tapi mesin tdk nyala dan di selah mtr tetap tdk mau nyala. Tlng mas solusinya. Pengapian bagus
fuel pump sama injektor sudah di cek ?
Misi suhu...
Motor sy xride 2013. Masalhx di stater tangan gak mo hidup. Pas di stater lampu di spedo ikut redup. Selang bbrapa detik lmpux normal lg. Pas normal, lmpu sein dan klakson jg normal. Terus kalo pake stater kaki, motor mau hidup tapi hanya bbrapa detik sj motorx mati lg. Indikator lmpu wrn kuning kedip 2x, jeda sbntar trus kedip lg 2x terus menerus bgtu kedipx. Solusix apa bos supaya motor sy bisa normal lg?.. tks atas bntuanx bos. Salam.
tanda2 aki sudah lemah, Ganti segera sebelum aki benar2 mati. Aki mati motor gak mau idup samasekali walaupun di selah.
Terima kasih bos atas wktux...salam kenal dari papua, Jayapura.
Betul bos, akinya sdh sy gnti, motor xride sy lngsung hidup. Semua indikator kedipx hilang. Sukses buat bengkel motor dan blogx. Sekali lg terima kasih atas pelajaranx. Wassalam..
iya, sama2,
bang mau tanya, motor soul GT ane pernah mati tiba2 pada saat jalan d starter ga nyala d selah ga nyala,ane pusing ane diemin ja kira2 5 menit ane trus ane starter nyala lagi tu motor. itu kira2 penyebabnya apa? mohon bantuannya.
Post a Comment