Friday, December 21, 2012

Byson sering mogok karena karburator

Hallo para netter,

Sekedar berbagi pengalaman ane sebagai mekanik sepeda motor.
beberapa hari yang lalu ane sempat dibikin bingung dengan penyakit yang menimpa yamaha Byson, kadang kadang pas lagi jalan di RPM menengan ke atas, terus pas gas turun motor tiba tiba brebet terus mesin mati mendadak gitu.

Sudah beberapa kali tu kebo saya servis, tapi hasilnya nihil, alias sama saja ga ada perubahan.
Akhirnya ane coba cari solusi di mbah google, akhirnya ane ketemu solusinya di blog tetangga.
ternyata penyakitnya ada di karet Vacum karburator.

Walhasil, besoknya ane nyari tu karet vacum, susah juga dapetinnya tu barang. tapi setelah muter2 di kawasasan ciledug-kreo, ane dapet juga tu vacum dengan harga yang lumayan mahal.

So, penyakit tu Kebo bisa di sembuhkan.

27 comments:

hendra iing said...

Apa di lampung tersedia ya bro masalahnya kebo merah ane begitu juga tuhg brebeeeuut

Andi Uaizeya said...
This comment has been removed by the author.
Andi Uaizeya said...

Kebo putih ane juga gitu gan. Ane di area Lamapung juga.

Muhamad Basir said...

modif karburator aja....

Bengkel Motor said...

betul kata bro m.basir,,,, solusi lain ganti karbu tipe konvensional,.
bisa pake PE, PWL, PWK,. pnp gan,,, tinggal setting pj/mj nya aj

KEINDAHAN ALAM said...

sma gan kebo ane jga gtu..

giri arsa said...

semuah masalah si kebo cman di karbu...
biar tetep setandar dan irit gunakan aja karbu new mx gan..lebih buah dan di jamanin gax ngempos lagi

Aj Mijie said...

harga karet Vacum karburator brapaan gan?

yudi oi said...

sama saja punya seperti itu ane udah curiga....masalahnya di vacum carbunya...pantesan biar dibersihin berkali2 cuma bisa bertahan 2 harian.. trus kambuh lagi..,trus kalo masalah kelistrikannya bro biasanya bagian mana penyebabnya minta solusinya.. soalnya lampu indikatornya nyala terus nee?... thank infonya..

Sony Kenuwen said...

Banyak kendaraan yang menggunakan sistem vakum yang bermasalah..seperti datangnya penyakit yang tiba2 mberebet,mati total,ngempos saat jalan,...apa yang kita bayangkan bila kita saat berkendara di jalan tiba-tiba mati total / berebet2 di jalan...sesuatu bisa mengancam kita dan membahayakan pengguna jalan yang lain Di sini saya membuka untuk perbaikan karbu vakum..... Sistem perbaikan press karbu vakum untuk membuka akses2 komponen supaya bekerja teratur di dalam karburator Servis PRESS KARBU VAKUM bukan servis ringan seperti di bengkel 2 PRESS KARBU VAKUM adalah metode servis yang saya ciptakan sendiri menggunakan alat pressisi vakum BISA HUBUNGI SAYA DI :087888028668 Hanya hari SABTU saya buka untuk PRESS KARBU yang menggunakan sistem karburator vakum............ Untuk wilayah di luar kota bisa di paketkan karburatornya lewat jasa pengiriman paket.. Buktikan hasilnya setelah di press...penyakit/virus pada karburator hilang PERBAIKAN UNTUK PRESS KARBURATOR VAKUM TIDAK ADA SPARPART YANG DI GANTI 100% KENDARAAN ANDA BEBAS DARI PENYAKITNYA — Alamat Villa Bintaro Indah jln.sulawesi Blok B4 no 10A....patokannya stasiun sudimara

Bengkel Motor said...

Jika lampu indikator di spido yg merah tu nyala terus, tu kemungkinan ada masalah di throtle sensornya(yang nempel di karbu) biasanaya soketnya kendor kurang nancep gan,. Atau kabel2nya ada yg putus

Bengkel Motor said...

Yang ori punya lumayan mahal sekitar 200an,, bisa pake vacum thunder125 gan,. Lebih murah meriah :D

aria zakaria said...

berapa biayanya

paimin cleopatra said...

agan2 semua benar, kalo mau beres emang ganti karbu aja, tapi mungkin lebih baik karbu yang biasa aja, gk usah pake vacum lagi, kalo agan blum punya biaya buat ganti karbu, coba deh cek keadaan vacum kalo masih layak di pergunakan, coba cek per nya, kalo terlalu pendek atau sudah lentur, tarik aja gan ampe panjang, baru pasang lagi, ane udah terapin di kebo merah ane, lumayan sih sudah 2 bulan lebih, gk ada msalah dengan bengek bengek, semoga membantu agan, #salam seruduk, KALSEL

Toho Dosdo Situmorang said...

Gan semua masukan dan curhat soal si kebo jg jd pelajaran bwt gw, kebo gw jg sering ngadat, ntr bakalan gw praktikun biar si kebo merah gw bisa yahuuud lg, salaaaaammmm :)

JUSTAMAN said...

ane di daerah blok m nih gan
ane punya masalah yang sama, solusi yang ane denger dan baca dari googling sih ada yang ganti vacum per nya, dsb
menurut nte apa solusi yang tepat?

Ali Sentosa said...

Ane punya masalah yg sama, sudah servis dan ganti karet vakum thunder asli, sehat 2 hari, kemudian kambuh lagi.
Pengen ganti karbu yg punya TPS, kepikiran karbu MX lama, apakah bisa?
Thanx
salam kebo baja

Bengkel Motor said...

Karbu mx lama beda tipe venturinya ama byson, pake mx new bisa nya.

Bengkel Motor said...

Ganti karet vakum nya aje pake punya thunder 125, harga lebih irittt,

Ali Sentosa said...

Tolong pencerahannya gan mengenai karbu mx new?atau ada link yg jelasin segala hal ttg karbunya?
Thanx bengkel motor

Prasta Herinda Kusuma Atmadja said...

mas bro byson saya sembuh pake karet vacum thunder 125,cuma 45rb,pnp kok,malah tarikanya lebih enteng

Ali Sentosa said...

Sudah brapa lama ganti vakumnya gan?saya juga pakai vakum thunder, beli di beres suzuki, sehat 2 hari saja, kemudian ngempos2 lagi.

Sandra Kuswara said...

kalo pake karbu mx new ada yg perlu diganti kagak gan ??//

Bengkel Motor said...

Penyesuaian di kabel gas nya aja gan,, serahkan aj ama mekanik kepercayaannya.,

Januar Arfadhil said...

kalo pake karbu rxking bisa ga gan?

Ryan Zacky said...

Yoi mas bro. Si kebo putih ane jg dah 3 hari ngadat terus... Masalah d vakum karbu macet. Terus mekanik nyuruh ane ganti vakum nya pake karbu ninja p 26. Apa bisa mas bro.???

Bengkel Motor said...

Bisa pake pwl 26, tp risikonya throtle sensor tidak bisa dipasang di karbu p26. Nanti lampu indikator merah di panel spido nyala trs. Resiko lainnya klw karbu p26 kualitas rendah, selain boros bensin, settingannya relatif susah dapet. Saran sy mending karbu asli ganti karet vacum + botolan skepnya. Jarum nya tetep pakai aslinya. Trus rumah skep yg di karbu di halusin , bisa dgn di amplas halus, atw gosok pake autosol.